Daftar isi

Traffing Blog

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Web Hosting
Page Rank Checker
Arts blogs
hotell Barcelona
Education
Web Design Blogs
blog directory

Gallery

Create myspace graphic with Gickr

Agama dan kepercayaan suku dayak

1.       Agama kaharingan
Keyakinan asli suku dayak ialah kaharingan.
Dalam rangka turut serta berpartisipasi mengali kebudayaan nenek moyang yang masih terpendam demi pengembangan indonesia pada umumnya, sebagai salah satu pencinta kebudayaan, penulis menymbangkan sedikit buah pikiran berdasarkan pengelaman dan penyelidikan penulis. 
 
Bila dipandang secara jujur, tidak dapat diingkari bahwa didalam agama kaharingan ada dijumpai pedoman-pedoman hidup yang membimbing menuju kebaikan.
Dijumpai bermacam-macam cara suku dayak dalam mengapresiasikan keyakinan, tetapi pada prinsipnya sama menyembah allah penciptanya, hanya cara dan sebutannya berbeda. Hal ini dapat dimaklumi karena jauhnya tempat tinggal darisuku satu kesuku lain juga sulit komunikasi, disamping itu karena tidak suatu pegangan yang tertulis yang dapat diperggunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai penganut salah satu kepercayaan yang diyakini.
Apa yang dilakukan hanyalah berdasar apa yang telah diajarkan ataupun dicerikan oleh orang tua kepada anak-anaknya secara turun temurun, jadi yang dipergunakan hanyalah komunikasi lisan dan komunikasi dengan mengunakan simbol-simbol sehingga dapat dimaklumi apabila ada yang kurang dan ada yang lebih.
Untuk mengetahui lebih jelas mengenai agama kaharingan, terlebih dahulu akan dijelaskan asal-usul adanya agama hindu kaharigan. Sesuai keyakinnan suku dayak yang beragama kaharingan, mereka pantang menyebutkan nama para dewanya, hanya pemuka agama kaharingan yang biasa disebut pisur/ tukang mahateran/tukang balian atau jala/badewa lah yang boleh menyebut nama dewa. Pantang menyebut nama-nama dewa yang tinggal dilangit ke,1,2,3,4,5,6,7. Secara sembarangan kecuali upacara adat/upacara keagamaan suku dayak yang beragama kaharingan yakin bahwa selain dunia yang kita diami ini, masih ada lagi dunia lagi di atas langit, dan karena langit ada 7 tingkat yang mereka sebut di atas langit, dimana pda tiap-tiap tingkatlangit tersebut dikuasai oleh seorang penguasa dan dimana ranying adalah penguasa tertinggi berarti semua dewa tunduk kepada ranying. ( ranying berarti allah ).
2.       Kepercayaan orang dayak
A.      Kesaktian ( magi, sati )
Sejak tahun 1935, penulis menyelidiki bermacam-macam kesaktian berurat akar dalam tradisi ebudayaan dayak. Harapan penulis semoga apa yang telah penulis kumpulkan ini dapat bermampaat untuk sekedar tambahan bahan yang perlu diteliti lebih lanjut oleh generasi penerus.
1.       Parangmanya
2.       pipit berunai
3.       tumbak gahan
4.       awoh
5.       kiwang/kibang/pakihang
6.       panikam jantung
7.       karuhei paleket
8.       petak malai
9.       sanggar
10.   pulih
11.   pulung
12.   rumus
13.   buluh marindu
14.   kayu linggu
15.   air mata duyung
16.   pahapul
17.   panjilek
18.   parunduk
19.   penyang/jimat/ponyang
20.   sangkalemu
21.   penyang pangarasan tulang, paniring uhat
22.   kata lamunan
23.   pamisit bumi
24.   kata payung
25.   rubuh
26.   kata talisih
27.   tangkalasan
28.   tundek
29.   tunggul ungu
30.   kujang kurui
Upacara-upacara adat yang ada:
1.    1.   Tiwah
Merupakan salah satu upacara besar. Upacara ini dimakasudkan untuk mengantar jiwa/roh orang yang tekah meninggal ke alam baka, yaitu negeri kenlangit 7 yang dinamakan lewu tatau habaras bulau habusung hintan hakarangan lamiang atau lewu tatau dia rumpang tulang rundung raja dia kamalesu uhat dibatang danum tiawu bulau .
Disitulah tempat berkumpulnya jiwa/roh orqang meninggal dan dinamakan  salupuk liau. Jiwa yang meninggal diantarkan oleh rawing tempun telun lomba habarun bulau atau mantir mama luhing bungai raja malawang bulau. Upacara ini dilaksanakan oleh mahateran yang biasanya disebut balian. Upacara berjalan bisa memakan waktu 7 samapi 40 hari dengan memotong ayam,kerbau, sapi,babi.
Upacara tiwah ditemukan dibagian katingqan,kapuas, kahayan, bulik, seruyan, dusun timur, hulu mahakam, hulu kapuas (kal-bar).
2.    2.   Upacara perkawinan
Upacara perkawinan dapat diadakan sampai 7 hari 7 malam. Kedua mempelai disandingkan  (duduk)  diatas gong kemudian disaki/palas/diusap dengan darah babi atau ayam dan disaksikan oleh ketua adat yang menyampaikan janji kepada telon dan kepada ranying. Kedua mempelai memegang dereh bunu atau rawayang kawit kalakai dengan ibu  jari ibu jari diarahkan keatas mohon agar ranying sudi menyaksikan sumpah yang diucapkan.
3.  3.     Malabuh balai
Suatu upacara tradisi untuk memberikan korban kepada dewa-dewa didalam air atau didalam tanah. Misalnya jata, hal ini sering diadakan apabila ada parapah.
4.  4.     Mampandui
Upacar pertama kali bayi dimandikan.
6.  5.     Balaku untung
Memohon kesejahtraan, umur panjang kepada ranying dengan perantaran rawing  tempun tdon. Upacar ini bisa diadakan selama 7 hari 7 malam.
7.   6.    Balian hai
Upacara ini bisa dilaksanakan selama 7 hari 7 malam  atau dapat sampai 1 bulan. Diadakan sebagai ucapan syukur.
8.       Perayaan memungut hasil ladang
9.  7.     Mambuhul atang
Upacara yang diadakan setidak seseorang sembuh dari sakit berat. Upacar ini termasuk membayar sahut atau membayar parapah.
108.   Pangaleran
Upacara pembalasan dendam kepada buaya yang telah memangsa manusia. Uparaca ini biasanya diadakan ada seseorang penduduk disambar buaya.
119.   Manajah antang
Upacara memanggil burung elang. Maksudnya antara lain untuk mencari pertunjuk pada saat akan berangkat perang ( mengalami kekalahan atau menang ), mengetahui kemungkinanuntung rugi dalam dunia perdangan, atau untuk meilhat kemungkinan orang yang sedang sakit, ada harapan sembuh atau tidak. Simbul gerakan serta arah terbang dan gerak-gerik burung yang dapat dipakai, sebagai pertanda bagi suku dauyak dikalimantan. 
10. Nanuhun nakawan
Upacara yang diadakan umtuk seorang bayi pada saat nama atau pertama kali diajak keluar rumah, ataupun pada saat pertama kali menginjak kaki ditanah uapacar ini bisa berlangsung selama 7 hari  7malam.

2 komentar:

diapositif 19 Agustus 2011 pukul 09.54  

terimakasih atas infonya!

Indo_Musik 30 Agustus 2011 pukul 10.11  

oke terima kasih udah berkunjung

280 Px

280 Px

Web Hosting Hosting 000webhost
Best Hosting
Reseller Web Hosts
Cheap Dedicated Hosting
VPS Hosting Reviews
Cheap Dedicated Hosting
Cheap VPS Hosts

280 Px

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009