Daftar isi

Traffing Blog

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Web Hosting
Page Rank Checker
Arts blogs
hotell Barcelona
Education
Web Design Blogs
blog directory

Gallery

Create myspace graphic with Gickr

Kerajaan- kerajaan islam di kalimantan

1. Awal mula perkembangan islam di kalimantan
Pada waktu islam berkembang diseluruh kepulauaan indonesia kerajaan majapahit hindu diperintah oleh brawija putera angka wijaya, yang kemudian mengalami keruntuhan raja yang dirobohkan kerajaan majapahit ialah raden patah dengan delapan menterinya 
yaitu sunan ngampel.sunan giri.sunan drajat, sunan gunung jati. Sunan kudus, ngundung dan sunan demak. Mulai itulah agama islam disebar diseluruh indonesia . yang menjadi islam sesungguhnya adalah haji purwa putera  brawijaya maesa tandrana  dan lari ke cirebon. Dicirebon agama islam disebarkan oleh syech bin maulana malik syech ibrahim yang bergelar sultan gunung jati.
Sedang kan kerajaan isalam dikalimantan   ada dibanjarmasin sejak pangeran samudra atau  pangeran suriansyah alias maruhum ialah: 1. (kerajaan banjar masin tahun 1540 dalam pemerintahan pangeran samudra (yang kemudian di islamkan bernama pangeran suriansyah atau maruhum); (2) kota waringin tahun1620. Sultannya yang pertama ratu bagawan; (3) pasir (tanah grogot) tahun 1600. Didirikan oleh orang arab yamg menikah dengan seorang puteri sultan (puteri  petung); (4) kutei (kutai) tahun 1600. Diperintah oleh raka mahkota; (5) berau dan bulongan tahun 1700, diperintah oleh raja adipati ; (6) pontianak tahun 1450; (7) matan tahun 1743, didirikan oleh seorang arab bernama syarif husin; dan (8) mempawa tahun 1750, juga oleh seorang arab bernama syarif husin.
Mula-mula kerajaan hindu berperang dengan kerajaa islam, tetapi akhirnya kerajaan hindu menyerah , yaitu kerajaan hindu dicandi laras dan candi agung  juga ditanjung  pura dan lain-lain. Sebagian rakyat memeluk agama islam termasuk sebagian rakyat dayak dipantai-pantai. Rakyat dayak yang telah masuk islam , ialah yang sering disebut sebagai  dayak melayu, yang kebanyakkan di kuala kapuas , tumpung laung (barito) dan beberapa kampung melayu, sebenarnya mereka tetap suku dayak , hanya sudah memeluk agama islam.
Pangeran samudra (suriansyah) pernah meminta seorang puteri bernama biang lawai untuk dijadikan istri. Biang lawai, adalah adik patih dadar, patih muhur, dan mengijin perkawinan, hanya dengan perjanjian tidak akan di islamkan.mula-mula oleh pangeran samudra, disanggupi, tetapi sesudah sampai istana, putri itu dikabarkan diislamkan. Kabar tersebut sampai kepada patih muhur bersaudara, menimbulkan amarah patih rumbih dari kahayan , patih muhur dari bakumpai (barito)dengan ilmu gaib, berhasil merampas saudaranya kembali, biang lawai, dari istana sultan dan dibawanya kesungai katan.
Pangeran samudra memerintah balatentaranya untuk mencari perempuan tersebutdipedelaman. Tetapi karena balatentara patihn muhur sangat hebat, maka mundur lah balatentara sultan.
Patih  muhur dan patih rumbih mundur dan membuat pertahanandi taliu dikampung tundai. Sesudah itu mereka mundur lagi membuat pertahanan didanau karam bersebrangan dengan negeri goha kahayan. Mereka menyebrangi danau tersebut dan dipasang dundang, bambu yang diruncingkan dibawah jembatans ehingga   sewktu-wktu jembatan tersebut dapat diputuskan jika balatentara sultan lewatatas jembatan  dan luka-luka terkena bambu yang diruncingkan dibawahnya. Perahu-perahu mereka dapat dirampas  oleh patih rumbih ditengelamkan . sekarang tempat tersebut dinamai berayar yang artinay “berlayar”.
Diantara tempat pertempuran-pertempuran tersebut dengan bentengnya ialah sungai muhur (barito), parabingan, (pangkoh) bukit rawi, tewang pajagen, tewah, hulu kaspuas dan lain-lain.
Tentang tersebarnya agama islam dari banten  kedaerah kalimantan dapat kita baca artikel kerajaan islam dari banten di karang an R. Muchtadi dalam almanak muhamadyah 1357 H (1938) hlm. 166 dan 169, antara lain ditulis : aliudin sultan banten bergelar abu mufakir muhamad aliudin, dia beramah tamah dengan kompeni, dan mendapat kebebasan sisa utang kerajaan banten sebanyak 60.000 ringgit, bekas menempuh landak (tahun 1698 ditentukan , bahwa landak dan sukadana diserahkan pada kompeni. Daerah pantai barat kalimantan diperintah oleh sultan abdurahman yang mendirikan kota pontianak.
Sultan muhamad aliudin hanya berputera seorang saja dan meninggal ketika masih kanak-kanak tahun1786. Sultan zainal abidin dari banten memasuki landak, matan. Tahun 1699. Kapal kompeni /VOC dan 75 pecalang banten berlayar kesukadana diperintahkan oleh sultan agung (pangeran agung), keponakan sultan banten yang bergelar panebahan.
Sultan landak didibantu oleh orang bugis dapat merebut kembali daerahnaya . sehingga panebahan dapat dipukul mundur , dengan keluarganya melarikan diri ke anyer (banten). Landak dipegaruhiselama 80 tahun  (1699-1778).
2. Kesultanan Pasir
Dahulunya rakyat dayak pasir, diperintahkan oleh kepala-kepala dari rakyat dayak sendiri . ada seorang kepala suku dayak yang sangat berpengaruh , yang bernama tamanggung tokio, mengusulkan agar didaerah daerah dikepali oleh sorang kepala suku dan untuk itu diminta sultan yang dekat tempat tinggalnya. Mereka telah berangkat  dengan perahu yang penuh bermuatan emas  dan perak, yang dianugrahkan kepada nya kepada raja yang baru , mereka telah pergi ke utara dan selatan, tetapi tak ada mendapat  seorangpun yang dipandang cakap. Tamanggung tokio sangatlah sedih sampai tidak minum dan makan , kemudian dalam mimpinya ia melihat seorang tua yang berkata kepadanya:
Untuk mendapat raja, baiklah engkau pergi kelaut, dan disitu engkau memperoleh sepotong bambu, yang ruasnya  tarapung apung dilaut  ambilah bambu itu, dan bungkuslah dengan sutra kuning, karena didalam bambu itu ada sebutir telur yang harus dirabun diberi asap dupa, menyan dan garu. Dan dari telur itu nanti akan dilahirkan seorang raja perempuan.
Pada esokkan harinya sesudah dia bangun, tamanggung tokio menuruti pesan perempuan dalam mimpinya . sesudah 3 hari 3 malam telur itu didupakan, maka terbelah dua lah buluh itu dan dari telur itu pecah pula dan dilahirkan seorang bayi puteriyang cantik jelita. Anak itu sama sekali tidak mampu menyusu, setelah berusaha dapatlah ia diberi makanan dengan susu kerbau putih: lambat laun menjadi akil balig.
Puteri inilah yang diangkat jadi raja *(ratu pasir) , dan waktu ia berumur 15 tahun  ia telah dinikahnkan , tetapi malang sekali ia tidak mendapat keturunan sihingga harus diceraikan beberapa kali.
Seterusnya sesudah kawin yang ketujuh kali , belum juga mempunyai anak, kebetulan datang lah seorang arab dari jawa (gresik), terus dikawin kan dengan sang puteri . orang yang dari gresik tersebut dicarinya dukun agar membuang sari bambu yang ada pada sang puteri sehingga bisa melahirkan 2 puteri dan satu putera. Puetri yang tertua dikawinkan dengan seorang  arab yang membawa agama islam dipasir (1600). Yang putera sesudah ibunda mangkat, mengantikan duduk disingasana. Inilah cerita ringkas dari raja pasir, yang berasal dari sebutir telur dan bersuamikan putera arab dari jawa.
3. Kerajaan Bulongan
Sebagaimana diberau , daerah ini dahulunya juga diperintah oleh orang dayak sendiri, bersatu dibawah seorang raja dayak yang bergelar wira, kemudian gelar itu telah dirubah sewaktu orang bugis, melayu dan lainya datang dikalimantan timur. Mereka menyebarkan agama agama islam dan mulai waktu itu raja dan sebagian besar orang-orang dayak memeluk agama islma.
S. maulana muhamadkahar udin, cucu sultan yang pertama dari kerajaan ini pula dipengaruhi oleh berau dan solok yang kerap kali mancoba merampas bulongan atau tidung, sesudah orang-orang dayak dibulongan dengan pemimpin raja nya berperang agak lama barulah lah mereka mendapat kemenangan  dan kemerdekaan lagi  tahun 1700, selagi pangeran adipati berkuasa.
4. kerajaan Tidung
ditanjung palas ( pesisir tidung) timur laut batu tinagat, zaman dulu kala tinggal seorang raja bernama Manteric Gumbang  yang menguasai tidung , solok, bulongan dan kuati. Ia bermata empat, dan kalau tidur dua matanya senantiasa terbuka . ia sangat bengis sehingga rakyatnya ingin sekali membunuhnya . mereka mengajak sultan untuk memerintah orang-orang membuat sebuah peti , sebagi persediaan bilamana diantara keluarga sultan ada yang wafat.
Telah dibuat sebuah peti yang bagus, yang ukuranya 2x2 depa, dan waktu siap seluruhnya, disuruhlah sultan masuk kedalam untuk mencoba , terus peti itu ditutup dan dipaku. Ia memanggil dalam peti , tetapi sia-sia , bahkan sampai tanah disitu turut bergoyang hingga menjadi runtuhnya beberapa rumah disekeliling nya. Setelah tiga hari mangkatlah beliau , dan karena peti itu jatuh kedalam laut , terbawa ombak  ketimur dan gosong-gosong  teluk Nagas dan disitulah peti tadi menjadi pulau bernama pulau diLunung.sesudah mangkatnya raja , terjadilah percekcok kan diantara saudara-saudara nya saling berebut kekuasaan  untuk menguasai berau, solok, bulongan , dan kutai. Akibat dari percekcok itu terbentuklah beberapa kesultanan sendiri-sendiri.
Beberapa  sultan tidung berkuasa atas solok, bulongan, berau, dan kutai. Penduduk tidung dibawah pimpinan sultan bulongan.      
5. Kerajaan Pegatan Dan Pusan
Pada mulanya kerajaan pegatan dan pusan ini pun diperintah oleh oran-orangdaerah sendiri, aka tetapi orang-orang bugis dari sulawesi  banyak yang masuk dikalimantan timur, maka  yang menjadi raja adalah keturunan bugis. Asalnya seorang kaya bernama puwan dekeh, dia sebetulnya bukan keturunan raja ; dia mengawini putri dari waju pada ahun 1830, dan kemudian berserta keluarga dan pengiring-pengiringnya pergi ke kalimantan timur dan mendirikan pegatan.  Sultan  pegatan dari ugis diakui oleh sultan banjarmasin.
Tatkala baginda mangkat maka diganti oleh putranya bernama hasan pangawa, yang telah diberi pangkat raja oleh sultan banjarmasin turun temurun sehingga kepada pangeran abdul karim, yang mangkat tidak ada meninggalkan putera.
6. Kaimantan Barat
Suku dayak dikalimantan barat pada mulanya memunyai pemimpin  sendiri sebagai rajanya, tetapi karena, pengaruh dari luar, jawa-hindu , bugis, melayu makasar kerajaannya dikendalikan orang lain. Bahwa kerajaan sambas berdiri tahun 1521, kemudian dipengaruhi kerajaan johor sehingga beberapa daerahnya diperintah kerajaan johor.
7. Kerajaan Pontianak
Kota pontianak didirikan oleh orang-orang arab., melayu, bugis dan makasar. Mereka berasal dari mempawah, pindah dan mendirikan kerajaan di pontianak, dengan rajanya seorang arab bernama syarif husin , tahun 1771. Pada tahun 1779 kerajaan pontianak mengadakan kontrak dari dengan VOC.
 
8. Kerajaan Brunai
Kerajaanbrunai atau brunai adalah krajaan yang tertua didirikan di kalimantan, yaitu pada abad ke-13 di mengkabung di sungai mengkabung. Kerajaan yang kedua ialah kerajaan sambas, tahunnya tidak begitu terang, tetapi pada tahun 1521 ada dibawah perintah kerajaan johor.
Pada tahun 1824 inggri sudah mempengaruhi kerajaan diserawak. Pangeran hasin dari kerajaan johor datang hendak menaklukan orang-orang dayak, tetapi dia gugur dalam peperangan. Maka kesempatan baik bagi inggris menjadi raja serawak (kucing). Belanda khawatir broke akan merebut tempat-tempat lainnya.
tambang emas di sambas, di motorado didekat sungai kapuas dan pelabuhan pontianak, diperebutkan orang-orang cina ,dayak dan belanda. Orang orang cina dan belanda selain ingin merebut tambang emas, juga ingin berkuasa pada orang orang dayak di kalimantan.
9. Kerajaan Banjarmasin(Kerajaan Banjar)
Sesudah pembubaran kerajaan majapahit, maka timbulah kerajaan baru dikalimantan, yang diperintah oleh beberapa sultan yang semuanya memeluk agama islam, misalnya : kerajaan banjarmasin, kerajaan pontianak, kesultanan brunai, dan ksultanan kutai.
Dibajarmasin diadakan perjanjian dengan pemerintah belanda 1 januari 1817. Pada tahun1661 banjarmasin dipengaruhi oleh pengaruh laut. Pada tahun 1857 yang berkuasa dibanjarmasin adalah sultan adam, kemudia digantikan puteranya yang bernama pangeran tamjit ulah.
Pada april 1859,terjadi perlawanan rakyat kepada pemerintah belanda, bayak orang belanda yang dipotong kakinya. Dan bersamaan pada waktu dipulau petak(kapuas), 4 orang pandita eropa dibunuh, yaitu,Hofmesiter dan istrinya, Rott,Kind,dan Wigand, Klamer terlepas ari pembunuhan karena ditolong oleh suta ono sitinegara.
Belanda kemudian mengerahkan tentaranya yang dipimpin oleh hulubalang Andresson untuk membalas, dengan membunu semua orang belanda dikalang. R.A Mangku bumi mangkat pada tahn 1852. Ketika mangkat ia hendak memecat Mangku buminya. Orang-orang dayak yang setia padanya, menyerah rumah-rumah dan perusahaan-perusahaan belanda di pengarun dan kalang.
Ada kapal perang belanda mudik sungai barito (murung), setelah sampai dimuara teweh, datang lah tamanggung surapati berpura-pura mau berdamai dengan belanda. Maka mereka masuk ke dalam kapal. Tetapi dengan siasat tumenggung surapati , sekonyong-konyong, pengikut tumenggung surapati , datang dari segala penjuru dengan perahu kecil dari segala penjuru, mereka menyerbu kedalam kapal dengan menggunakan senjata Mandau, Sumpitan, (serta Damek Yang Beracun Ipu),  dohong, tombak,dan mengamuk orang-orang yang ada dalam kapal, semuanya dibunuh, hanya tertinggal seorang bangsa indonesia Haji.
Andresson bingung melihat hal demikia. Dia merasa sangat takut, karena dikalimantan terdapat hutan   yang sangat luas, sehingga penyakt gampang menjangkit  dan orang-orang dayak  banyak yang tahan lama mengembara dihutan, dan sakit keras dan dipulangkan disurabaya dan diganti dengan yang baru. Orang-orang dayakmemili munur dipedalaman kalimantan daripada menyerah kepada belanda.
Damang leman (lehman) tidak tahan lagi, dia datang kebanjarmasin dengan beberapa pengiringnya. Diceritakan kepada hulubalang,  keadaan pengeran hidayat yang sangat payah.
Hulubalang Werspyk bertanya: “ apa demang tahu dimana tempt perlindungan pangeran” jawabnya: “ bagaimana hamba tahu. Tetapi kalau hamba dilepaskan , nanti hamba kembali  lagi mengajak pangeran kesini. Hulubalang menjawab baiklah. Kemudian demang leman mencari pergi mencari pangeran hidayat dan diantarkannya kebanjarmasin. Hulubalang menyatakan bahwa mereka akandikirim kejakarta. Kapal mau berangkat, dan keduanya akan dibawa: maka beribu-beribu orang berkumpu mau melihat pangeran dan demang leman berangkat. Akan tetapi sekonyong-konyongnya pangeran hilang  dan sembunyi diantara orang banyak . dan demang leman juga sudah melarikan diri . tetapi pada tanggal 28 maret 1862 tertangkap bersama  istrinya , lalu dibawa jakarta   dan dibuangdi cianjur pada tanggal 3 maret 1862. Kemudian wafat pada tahun 1903 sudah wafat dengan usia 60 tahun dan dimakam kan di cianjur .leman ditangkap dan dihukum gantung oleh belanda. Tahun 1870 negeri banjarmasin dgempur oleh tentara surapati yaitu panglima wangkang, dan gugur dalam pertempuran didaerah banjarmasin.
Kini didaerah negeri banjarmasin (jawa barat) bayak lah terdapat turun pangeran hidayat yang masih memakai gelar atau pangeran, gus antung dan ain-lain.
10.Kerajaan Kutai
Kerajaan kutai pertama adalah hindu, yaiutu abad ke-5, ini dapat dibuktikan dengan barang-barang kesenian yang terdapat dalam goha gunung kombang, kota bangun dan muara kama sangkulirang. Menurut segala barang itu, nyata adalah  semasa raja bernama akwawarman cucu dari kudungga. Tahun 1825 pemerintah belanda di izin menduduki kuatai, tetapi izin ini hanya untuk sementara. Seorang inggris bernama murray pada tahun 1843 mencoba menduduki kutai , tetapi sia-sia belaka.
Sesudah masa itu barulah kutai membuat perjanjian dengan pemerintah belanda pada tahun  1844. Perjanjian ini diperbahrui pada tahun 1902.
11. Kerajaan Kotawaringin
Pemerintah kotawaringin  sejak tahun 1530 sampai 1945 diperintah oleh: (1) pangeran ratu imanudin dari tahun 1830 sampai 1852, (2) pangeran ratu hormansyah tahun 1852 sampai dengan tahun 1867; (3) pangeran ratu anom kusuma yuda tahun1867 sampai tahun 1904; (4) pangeran ratu sokma negara tahaun 1904 sampai tahun  1913; (5) pangeran ratu sokma alamsyah tahun 1913 sampai tahun 1939; (6) pangeran ratu kusuma anom alamsyah tahu 1939 sampai taun 1945. Selama  124 tahun swapraja kotawaringin  beribu kota dipangkalan bun dan pada masa revolusi kemerdekaaan sekalian sultan menerangkan mereka berdiri dibelakang blog, A,B,C,D, tetapi rakyat nya tetat dibelakang rebpublik indonesia , karena rakyat mengangkat seorang yang dipandang  bisa sesuai dengan kemauan  rakyat. Pemerintah kerajaan kotawaringin  mengajukan mosi pemerintah rebpublik indonesia di jogja.

0 komentar:

280 Px

280 Px

Web Hosting Hosting 000webhost
Best Hosting
Reseller Web Hosts
Cheap Dedicated Hosting
VPS Hosting Reviews
Cheap Dedicated Hosting
Cheap VPS Hosts

280 Px

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009