Daftar isi

Traffing Blog

SEO Stats powered by MyPagerank.Net
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net
Web Hosting
Page Rank Checker
Arts blogs
hotell Barcelona
Education
Web Design Blogs
blog directory

Gallery

Create myspace graphic with Gickr

Candi-candi yang di trawas


Toturial macam-macam candi yang ada digunung penanggungan daerah trawas bekas kerajaan majapahit CONTOH:
Candi shinta merupakan bangunan berteras empat, terletak di lereng  sebelah barat gunung penanggungan disebelah utara candi gentong, keadaan teras I dan teras


Candi  shinta
II telah rusak  sedangkan teras III dan teras IV masih ada walaupun tidak utuh, bekas-bekas anak tangga menuju teras I masih nampak ada. Tetapi anak tangga keteras II,III dan IV sudah tidak ada, pada teras ke IV yang merupakan teras paling belakang terdapat sebuah altar, candi shinta dibangun pada masa akhir kerajaan majapahit abad 14-15 M.


Candi merak
Candi merak merupakan bangunan berteras dua yang terletak di timur laut gunung bakel,pada ketinggian 950 m DPL menghadap ke arah utara, bangunan candi berdenah bujur sanggkar dengan ukuran 550x550 m, halaman candi cukup luas, diujung halaman terdapat tangga naik dengan pipih. Tangga sudah rusak, penampil tangga menuju keteras satu terdiri atas lima buah anak tangga. Sisa ragam hias yang nampak pada teras satu berupa pelipit horizontalsulur-suluran. Pada teras dua terdapat ragam hiaspelipit-pelipit horizontal motif sulur daundan motif tompal dan diteras ini terdapat susunan batu berbentuk makamimat segi empat dan dua buah rorawal polos. Pada batu-batu lepas terdapat hiasan motif bunga padma motif awan. Keadaan candi merah cukup baik, candi merak dibangun pada masa akhir kerajaan majapahit pada abad 14-15 masehi.

Candi lemari
Candi lemari merupakan bangunan candi berteras empat, terletak dilereng barat gunung penanggungan atau sebelah timur gunung bakel pada ketinggian 950 m DPL menghadap kearah utara. Daerah bangunan candi berbentuk persegi panjang, berukuran 8,60m,580m. Tangga yang menghubungkan teras satu dengan teras yang lain berada disisi utara bangunan dan terbuat dari susunan batu gundul , diteras paling belakang atau tertinggi yaitu teras empat terdapat bangunan altar dengan ragam hias sudut berbentuk jajaran genjang dan pelipit-pelipit hirizontal . keadan candi lemari telah rusak. Candi lemari diperkirakan dibangun pada akhir maasa kerajaan majapahit abad 14-15 masehi.  

Candi naga I
Merupakan bangunan berteras empat  terletak di Gunung Bekel, menghadap ke timur  dengan ketinggian 1060 DPL. Bangunan candi itu berbentuk bujur sangkar , berukuran 8m x 8m. Tangga masuk kehalaman candi menempel pada lereng yang curam. Antara teras yang satu dengan yang lain oleh snsk tangga pipih tangga yang sudah tidak utuh lagi. Teras I mempunyai lima buah anak tangga dan penampil. Teras II mempunyai empat buah  anak  tangga. Tangga I dan tangga II struktur batunya masih relief  masih utuh dan keadaan polos tanpa hiasan. Pintu masuk dan anak tangga dari teras II  menuju ke teras III   sudah rusak dan pada dinding  teras terdapat  hiasan bentuk belah ketupat  sebanyak delapan buah. Pada teras tertinggi yaitu teras ke Iv tampak ada sisa-sisa bangunan pemujaan pemujaaan yang sudah rusak berat, ragam hias pada candi naga I antara lain pelipit  horizontal, hias tumpal, relief taring dan lidah, secara keseluruhan keadaan candi naga I di bangun pada masa akhir kerajaan majapahit  abad 14-15 M.

Candi naga II
Candi naga II terletak dilereng  gunung penanggungan pada ketinggian 1000 m DPL, menghadap ke arah barat. Bangunan candi berdenah persegi panjang dan merupakan bangunan berteras tiga. Ketiga dinding teras masih bersusun secara baik dan tepat di tengah candi terdapat tumpukkan batu. Di teras I tangga dengan ragam hias tumpal, di kanan kiri terdapat panil kosong  tanpa relief, dinding II dan III polos tanpa hias kecuali pelipit horizontal .di atas teras II terdapat sisa-sisa bangunan pemujaan. Keadaan candi sebagian besar telah rusak. Candi naga II di perkirakan dibangun pada masa akhir kerajaan majapahit  abad 14-15M.

Candi  pendawa
Candi pendawa terletak di lereng barat laut gunung bekel atau berada disebelah  timur laut candi naga I, pada ketinggian 1000 m DPL, menghadap ke utara, bangunan candi berteras limaberdenah empat persegi panjang dengan ukuran: panjang 12,30 m, dan lebar 10.00 m. Teras I memiliki tangga. Dinding teras I sampai teras IV terbuat dari batu gundul. Sedangkan teras V terbuat dari susunan dari batu candi.secara keseluruhan candi pendawasudah rusak. Candi pendawa diperkirakan dibangun pada masa akhir kerajaan majapahit abad 14-15 Masehi.


   
 

0 komentar:

280 Px

280 Px

Web Hosting Hosting 000webhost
Best Hosting
Reseller Web Hosts
Cheap Dedicated Hosting
VPS Hosting Reviews
Cheap Dedicated Hosting
Cheap VPS Hosts

280 Px

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009